Interactive Session : Management

“Should you use your iphone for work?”

  • Apa keuntungan dan kerugian dari membiarkan karyawan menggunakan smartphone pribadi mereka untuk bekerja ?

Jawab : Keuntungan membiarkan karyawan menggunakan samrtphone pribadi mereka untuk bekerja adalah adanya penghematan uang perusahaan dalam hal pemberian ponsel pintar sebagai penunjang kerja mereka. Lebih efektif pula dalam hal penyelesaian pekerjaann karena ponsel ada di setiap waktu ditangan karyawan sehingga penyelesaian pekerjaan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sedangkan kerugian yang dirasa ketika penggunaan smartphone dibebaskan untuk bekerja adalah masalah kemanan data perusahaan yang bisa saja bocor keluar perusahaan. Bisa juga justru banyak pekerja yang malah menggunakan ponsel pintar mereka untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna saat bekerja.

  • Faktor manajemen, organisasi, dan teknologi apa yang harus diatangani saat memutuskan apakah mengizinkan karyawan menggunakan ponsel cerdas pribadinya untuk bekerja ?

Jawab : Dalam hal ini ada 2 faktor manajemen yang harus ditangani dalam hal perizinan karyawan menggunakan ponsel pintar pribadinya untuk bekerja  :

a) Keterampilan Konsepsual

Kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan keseluruhan kepentingan dan kegiatan organisasi;

b) Keterampilan Administratif

Dapat menguasai organisasi secara keseluruhan.

Sedangkan dalam hal faktor organisasi yaitu :

a) Karakteristik pekerjaan, misalnya lingkup jabatan, tantangan dalam pekerjaan, konflik peran, tingkat kesulitan dalam pekerjaan;

b) Karakteristik struktur, misalnya besar kecilnya organisasi, bentuk organisasi, kehadiran serikat pekerjan, dan tingkat pengendalian yang dilakukan organisasi terhadap karyawan;

c) Komunikasi dua arah yang komprehensif. Komitmen organisasi dibangun atas dasar kepercayaan, dan kepercayaan pasti membutuhkan komunikasi dua arah. Tanpa adanya komunikasi dua arah mustahil komitmen organisasi dapat dibangun dengan baik;

d) Kestabilan kerja. Karyawan dengan kestabilan yang tinggi akan memperoleh komitmen organisasi yang tinggi pula.

Sedangkan untuk faktor teknologi yaitu adalah bagaimana pekerja menguasai fitur-fitur yang ada pada ponsel pintar sehingga akan mudah bagi mereka bekerja menggunakan ponsel pintar. Hal ini juga berlaku bagi mereka ketika munculnya teknologi terbaru pada smartphone mereka sehingga target pekerjaan mereka bisa dicapai dengan mengusai teknlogi yang ada.

  • Memungkinkan karyawan untuk menggunakan smartphone mereka sendiri untuk bekerja akan menghemat uang perusahaan. Apa kamu setuju?

Jawab : Ya, saya setuju. Karena dalam hal ini perusahaan biasanya tidak mengeluarkan uang dalam hal pembelian ponsel pintar karyawan. Begitu pula dengan pulsa internet yang biasanya di beli oleh karyawan itu sendiri. Sedangkan perusahaan hanya menyediakan Wi-Fi di lingkungan kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *